Monday, December 31, 2012

TIPS : Meningkatkan Performa Google Chrome

Google Chrome lagi – lagi disebut sebagai browser favorit sebagian besar pengguna internet di seluruh dunia. Berdasarkan statistic dari W3Schools, 40% dari pengguna internet menggunakan browser ini untuk menelusuri dunia maya. Bagaimana Chrome bisa mencapai kesuksesan seperti ini dalam waktu yang singkat? Para pengguna Chrome berpendapat, browser ini lebih cepat dan ringan dibandingkan yang lain. Meski begitu, Chrome dapat menemui masalah sekali waktu.Terkadang browsing menjadi lambat atau browser mengalami crash. Untuk mengatasi masalah-masalah ringan pada Chrome, Jalan Tikus ingin membagi beberapa solusi buat kamu.

   
Update versi terbaru Chrome
Google selalu melakukan update untuk memperbaiki dan menambah performa Chrome. Update yang dilakukan umumnya mencakup : performa, keamanan, tampilan dan perbaikan masalah – masalah kecil yang ditemui pada versi sebelumnya. Pastikan kamu melakukan update secara rutin untuk mendapatkan fitur-fitur terbarunya dan tentunya perbaikan performa sehingga Chrome dapat berjalan lebih sempurna. Untuk melakukan update, klik gambar Wrench yang ada di sebelah kanan address bar kemudian pilih ‘About Google Chrome’. Chrome akan melakukan pengecekan update dan memberitahu kamu update apa yang tersedia pada saat itu.

Hapus History, cookies dan cache
Jika kamu merasa kecepatan browsing Chrome semakin melambat, saatnya untuk ‘membersihkan’ Chrome kamu. Jalankan fitur Clear History, cookies dan cache untuk me-refresh Chrome kamu. Lakukan ini secara rutin 1 atau 2 minggu sekali, bahkan seminggu 2 kali apabila kamu termasuk ‘heavy browser’ Klik gambar Wrench, pilih History, kemudian klik Clear all browsing data…

Aktifkan DNS pre-fetching
Klik ‘Show Advanced setting’ pada bagian setting, pilih ‘Privacy’ kemudian cari pilihan “Use a prediction service to help complete searches and URLs typed in the address bar” dan “Predict network actions to improve page load performance”. Centang kedua pilihan tersebut untuk meningkatkan kecepatan browsing Chrome. Lakukan langkah ini setelah kamu melakukan langkah No. 2 dan kamu akan dapat merasakan perbedannya.

Non-aktifkan pengiriman usage/ crash state ke Google
Pada bagian ‘Privacy’, hilangkan centang pada pilihan ‘automatically send usage statistics and crash reports to Google’ untuk mengoptimalkan penggunaan bandwith dan memori.

Install ad-blocker dari Chrome Webstore
Untuk mempercepat waktu loading page saat mengunjungi sebuah website, ad-blocker dapat kamu gunakan. Apalagi jika kamu mengunjungi website dengan banyak ads. Hal ini akan sangat mengurangi waktu loading page.

Non-aktifkan/ hilangkan extension yang tidak digunakan
Saat mengunjungi Chrome Webstore, seringkali kita menemukan berbagai aplikasi atau game yang menarik. Semakin banyak extension yang di-install, Chrome akan semakin terbebani. Pastikan kamu hanya menyimpan aplikasi yang sering kamu gunakan di Chrome. Apabila ada aplikasi atau game yang jarang digunakan, ada baiknya kamu non-aktifkan atau hapus saja extension tersebut.

Tutup background pages
Klik gambar Wrench (option) kemudian pilih ‘View Background Pages’untuk membuka Task Manager Chrome. Disini kamu bisa melihat extension dan jendela apa saja yang sedang aktif. Kamu bisa menutup jendela atau extension yang tidak diperlukan disini.

Pilihan ‘Continue running background apps’
Apabila kamu sering menggunakan extension pada Chrome, hal ini akan sangat membantu untuk mengurangi waktu yang dibutuhkan Chrome pada saat dijalankan pertama kalinya (start-up time).

Non-aktifkan filter anti-phising/ malware
Bagi anda yang sudah terbiasa menelusuri internet dan mengerti perbedaan website yang aman dengan yang tidak, silakan non-aktifkan filter ini. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan fitur anti malware dari program Internet Security seperti …… Untuk menon-aktifkan fitur ini, klik setting, kemudian lihat di bagian Privacy

Non – aktifkan JavaScript, plug-in dan image
Pilihan terakhir untuk mempercepat kecepatan Chrome kamu. Jalan Tikus tidak menyarankan hal ini, mengingat hampir seluruh website pasti menggunakan JavaScript atau image.     Selain berbagai update dan perubahan dari Chrome, kecepatan juga dipengaruhi oleh spek computer dan internet kamu. Karena itu, jangan lupa untuk melakukan scan antivirus dan pastikan computer kamu bersih dari berbagai malware.

0 comments:

Post a Comment

Posting Lama ►
 

Mari Ikuti Update Blog ini

Masukkan E-Mail disini: